Mitra komit dukung dan perkuat transformasi PTPN IV PalmCo Regional 3

Caption: Region Head PTPN IV PalmCo Regional 3, Rurianto saat memberikan sambutan dalam kegiatan Vendor Vibing Gathering yang diikuti ratusan karyawan perusahaan dan mitra perusahaan di Venue Tenis Region Office PalmCo Regional 3.

Pekanbaru – Para vendor yang bermitra dengan PTPN IV PalmCo Regional 3 berkomitmen untuk terus memperkuat transformasi yang dilangsungkan perusahaan yang bernaung di bawah Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) tersebut.

Hal itu disampaikan para mitra yang hadir dalam kegiatan Vendor Vibing Gathering PTPN IV PalmCo Regional 3, yang berlangsung di venue tenis komplek Region Office, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru, Sabtu akhir pekan ini.

“Sebagai vendor, kami merasakan bahwa PalmCo Regional 3 telah bertransformasi secara masif selama lima tahun terakhir yang membuat beragam terobosan dalam kemitraan secara transparan dan berkelanjutan,” kata salah seorang mitra perusahaan Murniati dari CV. Mustika Riau Kencana.

Murni mengatakan bahwa transformasi yang dilangsungkan perusahaan tersebut turut membawa dampak positif terhadap kemitraan antara perusahaan dengan para vendor. Diantaranya dampak positif tersebut, lanjut dia, PalmCo Regional 3 melaksanakan pengadaan secara transparan dan tidak membeda-bedakan antara mitra yang besar maupun kecil.

“Terimakasih kepada PalmCo Regional 3 karena selama ini pengadaan dan tender berjalan dengan baik, sesuai dengan sistem. Tanpa membedakan yang kecil dan besar. Kami sebagai vendor hanya akan bisa mendapatkan pekerjaan apabila berikan harga dan hasil terbaik. Hasilnya, para vendor, termasuk kami bisa tumbuh dan berkembang serta maju,” urainya.

Hal senada disampaikan Area Head Bank Mandiri Pekanbaru Rindra Setiawan yang menyatakan bahwa kemitraan yang dibangun PalmCo Regional 3 serta kebijakan perusahaan dengan menempatkan para vendor sebagai mitra strategis dalam transformasi merupakan hal positif untuk membangun daerah. Dia berharap melalui kegiatan ini, sinergitas yang terjalin berjalan dengan baik menjadi bagian tak terpisahkan dalam semangat transformasi perusahaan di masa mendatang.

“Sebuah kebanggaan ketika kami disebut menjadi bagian tak terpisahkan dalam transformasi PalmCo Regional 3. Tentu kami berharap sinergitas yang terjalin dengan baik ini bisa terus ditingkatkan demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Region Head PTPN IV PalmCo Regional 3 Rurianto dalam kegiatan tersebut turut menjelaskan bahwa pembentukan PTPN IV PalmCo melalui penggabungan PTPN V, PTPN VI, PTPN XIII, serta pemisahan aset tidak murni PTPN III ke dalam PTPN IV sebagai surviving entity merupakan bagian dari transformasi serta sejalan dengan amanat pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan dan energi nasional.

“Penggabungan ini merupakan bagian dari program pemerintah dalam memperkuat BUMN perkebunan yang sebelumnya telah masuk ke dalam Program Strategis Nasional. Khusus PTPN V, sekarang menjadi PTPN IV Regional 3 PalmCo Provinsi Riau,” kata Ruri membuka sambutannya dalam kegiatan tersebut.

Untuk itu, ia mengatakan pertemuan para vendor dalam Vendor Vibing Gathering PTPN IV PalmCo Regional 3 menjadi momen yang tepat untuk terus memperkuat kemitraan dan mengakselerasi perbaikan di perusahaan.

“Transformasi yang berjalan di PalmCo Regional 3 sejak 2019 hingga membawa perubahan besar hingga hari ini tak lepas dari dukungan rekan-rekan mitra dan vendor semua. Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan komitmen para mitra hingga beragam program perbaikan yang berlangsung bisa berjalan dengan signifikan,” jelas Ruri.

PalmCo Regional 3 memiliki hubungan yang sangat baik dengan para vendor. Berdasarkan hasil penilaian survey pelanggan PTPN Group yang dirilis pada 2023, PalmCo Regional 3 yang sebelumnya bernama PTPN V meraih tingkat kepuasan pelanggan sebesar 87,84%.

Raihan tersebut menjadikan PTPN V sebagai yang tertinggi se-Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) dan dinilai memenuhi ekspektasi para pelanggan, dalam hal ini vendor-vendor yang bermitra dengsn perusahaan yang tertuang dalam ratusan indikator penilaian.

Penilaian kepuasan vendor dilaksanakan bagi para pelanggan PTPN V yang melakukan transaksi produk crude palm oil (CPO), Palm Kernel Oil (PKO), Palm Kernel Meal (PKM) serta Standard Indonesia Rubber (SIR).

Ruri mengatakan transparansi, akuntabilitas, dan keterbukaan menjadi strategi yang ditempuh perusahaan hingga meraih kepercayaan tersebut.

Selain itu, perusahaan terus berupaya menciptakan iklim bersaing secara adil dan tidak diskriminatif serta melakukan evaluasi pasca pengadaan.

Selanjutnya, dalam proses pengadaan, perusahaan turut berupaya meningkatkan keterikatan, loyalitas, serta image perusahaan berdasarkan skoring dan penilaian dari penyedia barang dan jasa.

Langkah itu sendiri turut menjadi indikator lainnya sebagai bahan evaluasi PTPN Group agar perbaikan berkelanjutan atau continous improvement dapat berjalan.