Hari Sumpah Pemuda dan Semangat Planters Muda Mendukung Transformasi PTPN V

Caption: CEO PTPN V Jatmiko Santosa saat menjadi pembicara AKHLAK Experience Sharing and Planters Innovation Summit yang diikuti ratusan planters muda. Di hari sumpah pemuda ini, Jatmiko berpesan agar para planters muda terus meningkatkan daya saing untuk menghadapi tantangan masa depan.

Pekanbaru – Transformasi yang berlangsung di PT Perkebunan Nusantara V dalam kurun waktu empat tahun terakhir tak lepas dari dukungan dan peran serta para planters muda.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”, para planters muda itu benar-benar membantu anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) tersebut berada di jalur yang tepat untuk berkontribusi memajukan bangsa.

Semangat perubahan yang diusung Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa sejak 2019 silam menghasilkan beragam terobosan dalam berbagai bentuk inovasi, baik digital, internet of things, hingga mekanisasi di perkebunan.

Seluruh pembaruan yang dihasilkan oleh mayoritas para karyawan muda PTPN V itu terus berkembang seiring dibukanya kesempatan dan dukungan langsung dari pucuk tertinggi perusahaan.

Dengan persentase karyawan pimpinan dengan rentang usia muda mencapai 66 persen, Jatmiko benar-benar memanfaatkan bonus demografi tersebut secara maksimal.

Dia yakin, bahwa planters muda yang tergabung dalam BUMN Muda PTPN V memiliki potensi untuk berkontribusi positif dan regenerasi untuk melanjutkan estafet perusahaan lebih baik di masa mendatang.

Untuk itu, dalam setiap kesempatan yang ada, Jatmiko terus memberikan motivasi dan mendorong agar para milenial PTPN V jangan pernah terjebak dalam rutinitas yang sama serta jangan pernah berhenti dalam berinovasi.

Hingga saat ini, beragam inovasi berhasil dihasilkan dari tangan-tangan kreatif insan planters PTPN V. Inovasi yang dihasilkan dari setiap persoalan yang mereka hadapi di lapangan.

Mulai dari E-Panen, NBEx Web Report, Millena, Intank Control, Fleet Management, CMMS, Dashboard Produksi Kebun, Pemantau Karhutla Digital, Dashboard Aset Infrastruktur, Survey Pohon dan Hama, dan beragam inovasi berbasis digital serta IoT lainnya. Bahkan, tak sedikit diantara inovasi yang dihasilkan tersebut diterapkan oleh anak PTPN Group lainnya untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Hasil dari kombinasi transformasi dan inovasi pun berhasil membawa perusahaan meraih beragam prestasi. Mulai dari pendapatan perusahaan tertinggi sepanjang sejarah selama tiga tahun berturut-turut hingga predikat PTPN V sebagai The Most Profitable & Cash Liquid serta The Most Agile Company terbaik oleh Holding Perkebunan Nusantara III Persero dalam ajang Liga PTPN Award 2023 awal tahun ini.

“Jangan takut berinovasi. Jangan pernah berhenti berinovasi. Yang paling berbahaya itu pada saat temen-temen takut membuat kesalahan. Itu sangat fatal. Inovasi pasti ada kesalahan. Tidak ada namanya inovasi sekali jadi. Selamat Hari Sumpah Pemuda,” demikian Jatmiko.