Menristek Apresiasi Pemanfaatan Limbah Sawit untuk PLTBG

Menristek Apresiasi Pemanfaatan Limbah Sawit untuk PLTBG
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) di Kecamatan Tapung Hulu, Jumat (6/3). 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Didampingi Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) di Kecamatan Tapung Hulu, Jumat (6/3).

Agenda kunjungan ini dilakukan juga dalam rangka peresmian fasilitas tersebut.

Infrastruktur pembangkit listrik ini merupakan hasil kerjasama PTPN 5 dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

PLTBG ini beroperasi dengan memanfaatkan pengelolaan limbah sawit.

Fasilitas ini terletak di Pabrik Kelapa Sawit Terantam PTPN V Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengapresiasi adanya PLTBG tersebut.

Ia mengatakan dalam era modern ini inovasi menjadi hal penting dilakukan.

“Sebelum masyarakat berbuat kita harus terlebih dahulu menciptakan inovasi dan membantu masyarakat,” ungkapnya.

Ia menuturkan melalui inovasi banyak hal yang bisa dilakukan dalam pemamfaatan yang tidak bernilai menjadi sangat bernilai.

Apa yang dilakukan PKS Terantam saat sangat berguna dengan adalah memanfaatkan limbah cair sawit diubah menjadi aliran listrik yang sangat dibutuhkan.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto turut mengapresiasi inovasi yang dilakukan.

Ia berharap inovasi ini nantinya selain untuk operasional perusahaan, bisa juga disalurkan kepada masyarakat terlebih dahulu masyarakat yang berada disekitar perusahaan.

“Kalaulah setiap pabrik kelapa sawit di Kampar bisa melaksanakan hal seperti ini, baik dalam pemamfaatan limbah cair menjadi biogas maupun pemamfaatan limbah padat menjadi biomas, maka Pemda kampar akan melakukan MoU atau kerjasama dengan perusahaan agar ini bisa dikembangkan dan bisa dinikmati mayarakat,” ungkapnya.

Ia menuturkan Pemkab Kampar sangat mendukung program yang dapat diterapkan di Kampar selain program limbah sawit ini, namun juga terhadap program dan Litbang di Kampar.

sumber : https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/03/06/menristek-apresiasi-pemanfaatan-limbah-sawit-untuk-pltbg