22 UKM Rohul dan Pekanbaru Terima Dana Bantuan PTPN

Pekanbaru – PTPN V kembali mengadakan penyuluhan dan penyerahan dana program kemitraan kepada 22 UKM Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru di Gedung Serba Guna ruang Melati Kantor Pusat PTPN V Jalan Rambutan, Pekanbaru, Rabu (9/8). Penyerahan dana kepada Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru merupakan yang ketiga kalinya dalam tahun ini. Sebelumnya bantuan juga telah diberikan kepada Kabupaten Kampar dan Rokan Hilir. Acara ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, pimpinan Asuransi Jasa Raharja serta para calon mitra binaan.

Direksi PTPN V yang dalam hal ini diwakili Kepala Bagian Umum H Ahmad Badran Zai mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut.

“Terima kasih atas kehadirannya serta kerja samanya dalam program ini, sehingga PTPN V dapat kembali menyalurkan pinjaman dana program kemitraan kepada masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru,” ucap Badran.

“Sesuai Peraturan Menteri BUMN, program ini untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri,” ujar Badran seraya menyebutkan dana program kemitraan tersebut bersumber dari penyisihan sebagian laba bersih PTPN V.

Lebih lanjut Badran juga menginformasikan, sebelum memberikan dana kemitraan, pihak PTPN V telah melakukan evaluasi terhadap proposal yang diberikan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru. Serta melakukan survei ke lokasi usaha dan juga kelengkapan persyaratan administrasi UKM.

“Akhirnya dapat diputuskan 22 UKM berhak mendapatkan dana, dan jumlah dana yang akan disalurkan sebesar Rp515 juta. Dengan rician 11 UKM perdagangan, 8 UKM jasa, 2 UKM industri serta 1 UKM perternakan untuk Kabupaten Rokan Hilir,” jelas Badran.

Sementara dari Kota Pekanbaru yang mendapatkan dana lebih sedikit, karena masyarakat yang mengajukan proposal pinjaman juga lebih sedikit. ”Di Kota Pekanbaru yang layak mendapat pinjaman 15 UKM, yang terdiri dari 7 UKM perdagangan, 7 UKM jasa serta 1 UKM industri,” kata Badran lagi.

Berdasarkan rekapitulasi yang diekspose perusahaan perkebunan berkomoditas sawit dan karet itu, PTPN V total telah menyalurkan dana PKBL kepada Kabupaten Rokan Hulu Rp14,5 miliar dana kemitraan kepada 725 UKM sejak 1996 sampai dengan Juni 2017 serta Rp5,8 miliar dana program bina lingkungan sejak 2000. Sedangkan di Kota Pekanbaru, sejak 1996 hingga sekarang PTPN V telah mengucurkan Rp18 miliar bagi 997 UKM dan Rp22,6 miliar dalam program bina lingkungan. Sementara, untuk lingkup Provinsi Riau berada pada angka yang cukup fantastis.

“Total dana PKBL yang telah disalurkan PTPN V sampai Juli kepada Provinsi Riau Rp86,7 miliar dalam program kemitraan bagi 4.460 UKM serta Rp55,8 miliar untuk program bina lingkungan,” ungkapnya.
“Selamat kepada yang mendapat pinjaman, semoga usahanya menjadi tangguh, mandiri dan berkembang,” ucap Badran

 

sumber: http://m.riaupos.co/158972-berita-ptpn-v-serahkan-bantuan-ukm-rp515-juta.html