Holding Perkebunan Nusantara Sukses Distribusikan 168 Ton Migor Curah Murah

Pekanbaru – Holding Perkebunan Nusantara III Persero melalui anak usahanya PT Perkebunan Nusantara V sukses mendistribusikan 168 ton minyak goreng curah murah di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara III Persero, Mohammad Abdul Ghani meninjau langsung penjualan minyak goreng curah murah di salah satu titik pendistribusian, Venue Tennis Komplek Perkantor PTPN V, Jalan Rambutan, Pekanbaru, Kamis (14/7) lalu.

Disela-sela kunjungannya, ia mengatakan bahwa penyaluran minyak goreng curah murah ini merupakan bagian dari program berkesinambungan Holding Perkebunan Nusantara membantu pemerintah dalam menstabilkan harga kebutuhan dasar, terutama minyak goreng di masyarakat.

“Program ini merupakan bagian dari program sosial berkelanjutan dari Holding Perkebunan Nusantara dalam menyikapi kelangkaan dan meningkatknya harga minyak goreng dalam beberapa waktu terakhir,” kata Ghani dalam keterangan persnya di Pekanbaru.

Meningkatnya harga minyak goreng, lanjutnya, menjadi salah satu faktor turunnya daya beli masyarakat saat ini. Sehingga, sebagai perusahaan milik negara ia menuturkan Holding Perkebunan Nusantara III Persero perlu menempuh langkah-langkah yang tepat dan cepat, termasuk menyalurkan minyak goreng murah kepada masyarakat.

Penyaluran minyak goreng curah murah hasil produksi PT Industri Nabati Lestari, anak perusahaan Holding Perkebunan dan diinisiasi oleh PTPN V berlangsung secara bertahap dalam sepekan mendatang.

Distribusi itu sendiri diawali dari Kantor Pusat Kota Pekanbaru dengan jumlah total minyak goreng tersedia mencapai 28 ton pada Rabu dan Kamis (13-14 Juli 2022).

Abdul Ghani yang didampingi langsung CEO PTPN V, Jatmiko Santosa serta Komisaris Utama PTPN V, Fauzi Yusuf bersyukur antusiasme masyarakat Kota Bertuah, Pekanbaru, begitu tinggi akan pelaksanaan program tersebut.

“Bapak dan ibu semua, terima kasih telah menjaga ketertiban. Mohon doanya agar PTPN V bisa terus memberikan kontribusi dan kemanfaatan keapda masyarakat,” ujar Ghani kepada ratusan masyarakat yang tengah antri berbaris rapi.

Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V, Jatmiko Santosa, menjelaskan selain di kantor pusat PTPN V, pendistribusian Migor murah tersebut juga dilaksanakan di seluruh unit usaha perkebunan PTPN V berbagai penjuru Riau. Jatmiko berharap program tersebut dapat membantu masyarakat Riau dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Kamsiah, salah seorang ibu rumah tangga mengaku bersyukur bisa memperoleh minyak goreng curah murah tersebut. “Alhamdulillah, meskipun harus antri agak lama, senang bisa mendapat minyak goreng murah. Kualitasnya saya lihat ini setara yang kemasan,” kata ibu empat anak itu seraya menenteng 10 Kilogram minyak goreng semringah.

Hal senada disampaikan warga lainnya. Andri, pedagang Pecel Lele itu mengatakan program minyak goreng murah tersebut sangat membantu pedagang kecil seperti dirinya. Ia menjelaskan bahwa meningkatnya harga minyak goreng beberapa waktu terakhir memukul pengusaha kecil seperti dirinya. Sehingga, dengan adanya program tersebut, ia sangat terbantu untuk menjalan usahanya minimal tiga hari ke depan.

“Semoga programnya bisa lanjut terus. Terima kasih PTPN,” paparnya.

Holding Perkebunan Nusantara III Persero tercatat cukup aktif melaksanakan beragam program sosial sebagai bagian untuk membantu pemerintah menstabilkan harga minyak goreng. Di awal 2022 lalu, Holding Perkebunan Nusantara menggelar Operasi Pasar dengan menyalurkan sedikitnya 2,75 juta liter kepada masyarakat.

Pada Ramadhan 2022 kemarin, PTPN V juga telah mendistribusikan sedikitnya 12 ton minyak goreng dan gula murah sebagai upaya membantu memperkuat ketahanan pangan serta membantu masyarakat dalam menghadapi meningkatnya harga produk olahan sawit juga tebu tersebut dalam beberapa waktu terakhir.