Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Turun Pekan Ini

Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Turun Pekan Ini

PEKANBARU – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 19 – 25 Februari mengalami penurunan pada setiap kelompok umur. Jumlah penurunan terbesar pada kelompok umur 10 – 20 tahun yang mengalami penurunan harga sebesar Rp 50,65 per Kg dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS untuk satu minggu kedepan menjadi Rp1815,16 per Kg.

Plt Kepala Dinas Perkebunan Riau, Ahmad Syahharofie melalui Kepala bidang pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan Defris Hatmaja mengatakan,
penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

“Untuk faktor internal, penurunan harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data. Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp92,44 per Kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp113,04 per Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp414,68 per Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp137,01 per Kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp210,60 per Kg dari harga minggu lalu,” katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp141,82 per Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp197,00 per Kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp78,93 per Kg dari harga minggu lalu.”Sementara dari faktor eksternal, penurunan harga TBS periode ini masih disebabkan oleh menurunnya kinerja ekspor CPO ke Cina akibat merebaknya wabah virus corona yang masih berlarut-larut yang mengakibatkan perlambatan ekonomi Cina,”  jelasnya.

sumber :
https://riaupos.co/224243-berita-harga-tbs-kelapa-sawit-kembali-turun-pekan-ini.html