PTPN V optimistis hadapi pasar sawit tahun ini

“Dengan program ini, kami bisa hadir untuk petani sawit, dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Di sisi lain, program ini juga akan mendatangkan untung bagi lembaga lain yang terlibat,” tutur Jatmiko kepada Kontan, Rabu (10/4).

Lebih lanjut, optimisme menghadapi pasar sawit tahun ini, juga dikatrol oleh peningkatan pendapatan yang diraup oleh PTPN V pada 2018 lalu. Jatmiko mengklaim, pihaknya menorehkan produktifitas dan laba tertinggi sepanjang sejarah.

“PTPN V berhasil membukukan produktifitas dan laba tinggi pada 2018. Ini berkat kerja keras bersama. Sebagai gambaran, di bagian bottom line laba PTPN V berada di nilai Rp 201 miliar,” jelasnya

Dirinya mengakui, dengan peningkatan tersebut akhirnya memutuskan menaikkan target pada 2019. Namun, pada kuartal I 2019, PTPN V masih belum mencapai target. “Sejak Januari sampai Maret, kinerja kami memang agak menurun. Tetapi April sudah mulai terlihat bangkit lagi. Kami berharap jarak dengan target semakin kecil,” tambah Jatmiko.

Saat ini, PTPN V memiliki kebun plasma seluas 74.526 Ha. Bagian ini terdiri dari kebun sawit seluas 56.665 Ha dan kebun karet seluas 17.861 Ha. Kebun plasma tersebut tersebar di 5 kabupaten provinsi Riau, yakni, Kabulaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan Indra Giri Hulu.

Sumber : https://industri.kontan.co.id/news/ptpn-v-optimistis-hadapi-pasar-sawit-tahun-ini