Asian Agri Miliki Program Inisiatif Kelapa Sawit

JAKARTA – Asian Agri, perusahaan perkebunan sawit nasional, memiliki Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (sustainable palm oil initiative/SPOI) di Ukui, Pelalawan, Riau. 

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Tanoto Foundation, Asian Agri, dan United Nations Development Programme (UNDP). Program ini bertujuan membantu petani plasma dan swadaya untuk dapat mengelola kebun kelapa sawit secara berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup. 

Selain itu, juga mendorong mereka untuk mendapatkan sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan Indonesia (Indonesian sustainable palm oil /ISPO). Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan ini diresmikan Wakil Bupati Pelalawan Zardewan, Rabu (24/4). 

”Saya menyambut baik pusat unggulan untuk para petani kelapa sawit ini,” kata Zardewan dalam keterangan tertulisnya kemarin. Pihaknya berharap dengan dibangunnya pusat unggulan ini para petani di Kabupaten Pelalawan dapat memanfaatkannya secara maksimal. 

Dengan demikian, dapat belajar mengimplementasikan pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan dan dapat menghasilkan buah yang optimal. 

Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan telah berjalan sejak 2017 sebagai wadah informasi dan pelatihan terkait pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan, yang meliputi penyediaan informasi dan pelatihan teknis budi daya, serta pengenalan sistem sertifikasi ISPO. 

Kepala Sekretariat Komisi ISPO Azis Hidayat menyampaikan apresiasi kepada Tanoto Foundation, UNDP, dan Asian Agri, atas diluncurkannya Pusat Unggulan Program di Kabupaten Pelalawan ini. 

ISPO sangat mendukung program kemitraan yang membangun dan berharap dapat direplikasikan oleh perusahaan kelapa sawit lain di Indonesia sehingga industri kelapa sawit di Indonesia ini dapat terus meningkat. 

sumber : http://koran-sindo.com/page/news/2019-04-26/2/2/Asian_Agri_Miliki_Program_Inisiatif_Kelapa_Sawit