5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropa

Jakarta, – Uni Eropa melalui kesepakatan Renewable Energy Directive II (RED II) akan menetapkan kelapa sawit dalam kategori tanaman pangan berkategori risiko-tinggi dan risiko rendah Indirect Land Usage Change (ILUC). Gawatnya, efek dari kesepakatan ini bisa mempengaruhi perdagangan sawit dunia, khususnya Indonesia menuju Eropa. Apalagi, Indonesia adalah salah negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Imaduddin Abdullah menilai peran sawit sebagai komoditas yang memiliki nilai tinggi loh. “Tidak hanya bagi perekonomian nasional, tetapi juga sebagai sumber alternatif energi global dan nasional,” kata Imaduddin dalam sebuah diskusi, Minggu (31/3).

Apa saja sih keuntungan sawit?

1. Punya peranan dalam ekonomi rumah tangga

5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropa

Bagi mereka yang bekerja sebagai petani kelapa sawit, jelas akan merugikan kalau sawit dibatasi untuk masuk Uni Eropa. Kalau sampai sawit dilarang, akan mempengaruhi pada ekonomi rumah tangga para petani sawit maupun para pekerja yang bekerja di sektor ini.

2. Sawit sebagai sumber energi terbarukan

5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropa

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sawit memiliki potensi yang besar sebagai sumber energi terbarukan. Bahkan potensinya lebih besar dari jenis minyak nabati lainnya.

“Keunggulan dari minyak nabati yang bersumber dari sawit antara lain adalah produktivitas lahan

kelapa sawit paling tinggi dan harga paling terjangkau dibandingkan dengan minyak nabati lainnya,” ujarnya.

3. Sawit punya produktivitas yang tinggi dibanding minyak nabati lain

5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropafreepik.com/aopsan

Minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati dengan produktivitas tertinggi dibandingkan dengan minyak kedelai (soya oil), minyak lobak (rapeseed oil), dan minyak bunga matahari (sunflower oil).

“Produktivitas lahan kelapa sawit melebihi 4 ton/hektare, sedangkan produk minyak nabati lainnya seperti kedelai hanya 0,37 ton/hektare, bunga matahari hanya 0,5 ton/hektare, dan rapeseed hanya 0,75 ton/hektare,” papar Imaduddin.

4. Sawit yang lebih efisien energi

5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropaastra-agro.co.id

Keunggulan lainnya dari sawit dibandingkan minyak nabati lainnya adalah efisiensi energi.

“Penggunaan dari bagian dari sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit dan pembangkit uap di pabrik kelapa sawit, dan persyaratan terendah untuk input pupuk dan pestisida,” ujarnya.

5. Manfaat lain dari sawit

5 Manfaat Kelapa Sawit yang Mubazir Kalau Dilarang Uni Eropa

Selain itu, dia mengatakan minyak sawit lebih banyak pemanfaatan dan aplikasinya untuk berbagai aspek kehidupan.

“Hilirisasi sawit lebih banyak dibandingkan sumber nabati lainnya. Dengan berbagai keunggulan dari sawit tersebut, maka tidak mengherankan jika ekspansi sawit dan produk turunannya termasuk minyak sawit di pasar global sangat tinggi,” sebut Imaduddin.

sumber : https://www.idntimes.com/business/economy/helmi/5-manfaat-kelapa-sawit-yang-mubazir-kalau-dilarang-uni-eropa/full