Cargill Buka Akses Petani Sawit di Pasar Global

 

JAKARTA – Sebanyak 3.019 petani plasma dari 8 (delapan) koperasi petani perkebunan kelapa sawit PT Poliplant Sejahtera (PSA) di Kalimantan Barat, anak usaha Cargill meraih sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Total luas areal perkebunan PSA yang telah bersertifikat RSPO kini mencapai 10.026,58 hektar.

Suherman, Kepala Koperasi Subur Makmur merasa bersyukur atas pencapaian prestasi ini. Melalui kemitraan dengan Cargill, kami dapat menerapkan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan. Hasil panen lahan perkebunan kelapa sawit kami telah meningkat seiring dengan kemampuan kami untuk beroperasi lebih efisien. Sertifikasi RSPO mencerminkan dukungan yang besar terhadap praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan dan kemitraan kami dengan Cargill.

“Kami optimistis akan peningkatan mata pencaharian karena tandan buah segar (TBS) kami memenuhi standar minyak sawit berkelanjutan internasional,” ujarnya.

Sertifikat RSPO untuk delapan koperasi yang bermitra dengan PSA ini merupakan sertifikasi kelima bagi Cargill. Keempat sertifikasi sebelumnya diperoleh PT. Hindoli (Sumatera Selatan), PT. Harapan Sawit Lestari dan PT. Indo Sawit Kekal (Kalimantan Barat).

Presiden Direktur Cargill – Poliplant Group (PPG), Anthony Yeow, mengatakan Cargill sangat bangga dengan petani plasma PT Poliplant Sejahtera (PSA) yang meraih sertifikat RSPO. Seban petani Cargill didukung terus meningkatkan hasil panen, penghasilan dan taraf hidupnya. Melalui sertifikasi RSPO, petani plasma mampu menembus pasar pasar lebih besar yaitu rantai pasok minyak sawit global.

“Kami senantiasa mendukung mitra rantai pasok produk sawit untuk bergabung dengan RSPO dan memperoleh sertifikasi RSPO, sehingga produk mereka memenuhi standar kebijakan NDPE (no deforestation, no peat, no exploitation) seperti yang tercantum dalam komitmen Cargill 2020,” tambah Anthony.

Hingga saat ini, Cargill telah melakukan pendampingan kepada sekitar 16.500 dari 21.600 petani plasmanya di Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat untuk memperoleh sertifikat RSPO.

PT Poliplant Sejahtera diakuisisi Cargill semenjak 2014 merupakan salah satu dari lima perkebunan PPG di Kalimantan Barat yang memperoleh sertifikasi RSPO pada tahun 2016, termasuk pabrik Siriham dan 4.005 hektar lahan milik perusahaan. Perkebunan Cargill lainnya di Kalimantan Barat yaitu PT Harapan Sawit Lestari dan PT. Indo Sawit Kekal memperoleh sertifikasi RSPO berturut-turut pada tahun 2015 dan 2014. PT Hindoli di Sumatera Selatan merupakan perkebunan Cargill pertama yang memperoleh sertifikasi RSPO pada 2009.