PTPN Siap Bertransformasi Menjadi BUMN Agrikultur Modern

 

Pangkalan Bun – Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno menyatakan PT Perkebunan Nusantara (Persero) akan bertransformasi menjadi BUMN agrikultur modern.

“Tak hanya itu, Kementerian BUMN bersama manajemen PTPN juga terus berupaya menguatkan kondisi keuangan perusahaan, didukung dengan penerapan teknologi yang modern dan efisien, meningkatkan riset dan pengembangan, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi bisnis lainnya. Termasuk juga melakukan kerjasama strategis baik dengan BUMN dan swasta,” kata Rini dalam keterangan tertulis yang diterima akhir pekan ini.

Menurut dia, transformasi dilakukan dengan beberapa langkah utama yang berfokus kepada komoditas perkebunan strategis nasional, seperti kelapa sawit, karet, gula, teh, kopi dan kokoa.

PTPN juga sedang mengembangkan industri hilir yang berbasis komoditas utama dan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan nasional, seperti minyak goreng dan biofuel/green diesel.

“Langkah lainnya yakni, PTPN juga terus meningkatkan produktivitas melalui penerapan Industri 4.0 dalam operasional perusahaan, menjalankan praktik-praktik operasional perkebunan yang berkelanjutan, hingga meningkatkan ekspor produk perkebunan yang berkualitas ke pasar regional dan global,” jelasnya.

PTPN Grup merupakan Holding Perkebunan yang telah berdiri sejak 2014 dengan luas area perkebunan sekitar 800 ribu hektare (data 2017) yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Jumlah karyawan PTPN tercatat mencapai 115 ribu orang.

Sementara Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara Dolly P. Pulungan menambahkan, melalui proses transformasi tersebut, ke depan PTPN ditargetkan mampu memberikan nilai tambah kepada perekonomian nasional, di antaranya berkontribusi sebesar Rp37 triliun kepada PDB Indonesia setiap tahunnya, berkontribusi sebesar Rp3 triliun kepada devisa dari ekspor setiap tahunnya.

“PTPN Grup juga akan berperan aktif dalam ketahanan energi melalui program green diesel (B20 – B100) dengan memaksimalkan sinergi dengan BUMN bidang energi,” ujar Dolly.

 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/117445-ptpn-siap-bertransformasi-menjadi-bumn-agrikultur-modern