Harga CPO Saat Ini Terus Meningkat

Sampit – GM Operation Downstream Citra Borneo Utama dan Surya Borneo Industri Sumali mengungkapkan, harga crude palm oil (CPO) saat ini trennya sedang naik, yakni mencapai 6.500 per kilogram.

“Saat ini tren harga CPO sedang naik, mencapai Rp6.500 per kilogram,” ujar Sumali, Sabtu (16/2/2019).

Dengan adanya hal itu, pihaknya saat ini belum melakukan pembelian terhadap CPO dari luar perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS), yang terdiri dari enma pabrik kelapa sawit (PBS). Untuk memenuhi kapasitas dari produksi CPO di PT Citra Borneo Utama (CBU) Tempenek, Kumai, Kotawaribgin Barat.

“Jadi kami saat ini hanya memproduksi CPO dari enam perusahaan PT SSMS saja. Meskipun belum memenuhi kapasitas hingga 2.500 ton per hari,” kata Sumali.

Ia menjelaskan, CPO hasil produksi dari enam perusahaan PT SSMS di Pangkalan Bun dan Lamandau cukup bagus. Bahkan CPO Kalimantan Tengah (Kalteng) ini lebih bagus dibandingkan CPO dari Sumatera.

“Untuk CPO dari Kalteng lebih bagus dibandingkan dari Sumatera,” terang Sumali.

Hal itu terjadi, karena di Kalteng ini jarak antara PKS dengan tempat produksi lebih dekat sehingga CPO tidak terlalu lama mengendap di truk tangki.

“Kalau di Sumatera perjalanan bisa capai 6-8 jam. Sedangkan di Kalteng ini cuma tiga hingga lima jam saja,” ungkap Sumali.

 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/116844-harga-cpo-saat-ini-terus-meningkat