Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Sudah Ada di 3 Provinsi

JAKARTA – Dalam Lokakarya yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan lintas sektor dari pemerintah pusat dan daerah, swasta dan Lembaga Nirlaba, mencatat saat ini Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FOKSBI) telah ada di 3 provinsi diantaranya, Riau, Sumatera Utara dan Kalimantan Barat.

Sementara terdapat tiga kabupaten yang telah secara resmi bergabung dalam FOKSBI, yakni Kabupetan Pelalawan, Sintang dan Tapanuli Selatan. Dikatakan pihak FOKSBI, dimana untuk kabupaten Sintang dan Tapanuli Selatan telah merampungkan Rencana Aksi Provinsi (RAK).

Dimana RAK memuat konteks masalah, tujuan, program kegiatan, dan indikator keluaran yang diharapkan untuk memastikan perkembangan implementasi di setiap tingkat pemerintahan menuju kelapa sawit bekelanjutan. “Serta pemantauan dan koordinasi lintas sektor berjalan dengan baik,” kata Communication Officer FOKSBI, Adinda Silitonga, dalam lokakarya yang dihadiri, Senin (25/2/2019) di Jakarta.

FOKSBI juga melibatkan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang sudah menghidupkan insiasi dan praktik pembangunan berkelanjutan dari beberapa kabupaten produsen kelapa sawit diantaranya Kabupaten Musi Banyuasin, Rokan Hulu. Siak, Batanghari, Labuhan Batu Utara, Sintang, Sanggau, dan Sigi.

“LTKL adalah sebuah misi untuk mewujudkan pembangunan daerah berdasarkan kaidah lingkungan, dan mensinergikanya dalam visi pembangunan,” kata Ketua Umum LTKL, Dodi Alex Reza.

 

Sumber : https://www.infosawit.com/news/8811/forum-kelapa-sawit-berkelanjutan-sudah-ada-di-3-provinsi