Faktor Eksternal Bakal Pacu Kenaikan Harga CPO

Pangkalan Bun – Pada perdagangan di bursa berjangka medio pekan ini, harga minyak sawit mentah (CPO) berjangka diperkirakan akan bergerak positif jika mengacu pada faktor eksternal yang bakl mempengaruhi pasar komoditas dunia.

Salah satu faktor positif itu adalah rencana Arab Saudi sebagai penghasil minyak mentah terbesar dunia, yang akan menurunkan produksinya. Sentimen itu mendongkrak harga minyak mentah di pasar komoditas, Selasa (12/2).

Pada penutupan perdagangan Selasa, harga CPO kontrak April di Bursa Derivatif Malaysia turun sebesar 0,53% ke posisi MYR 2.254/ton atau setara US$ 552,86/ton.

 

Pelemahan harga CPO kemarin terjadi setelah juga ditutup melemah 1,05% pada perdagangan sehari sebelumnya.

Sejak awal tahun, harga komoditas agrikultur andalan Indonesia ini masih tercatat naik 6,27%.

Turunnya harga CPO kemarin disebabkan oleh nilai ekspor minyak sawit Malaysia periode 1-10 Februari yang turun sekitar 11,2% -15% berdasarkan data dari surveyor kargo.

Namun, harga kontrak kedelai melonjak lebih dari 1% berkat optimisme meredanya ketegangan dagang antara Amerika Serikat-China. Diharapkan harga CPO hari ini akan mengalami rebound, kata pelaku pasar di Jakarta, Rabu (13/2).

Selain itu harga minyak bumi kemarin juga meningkat lebih 1% merespons rencana Arab Saudi memangkas produksi minyaknya lebih dari yang telah disepakati pada Desember 2018.

 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/116505-faktor-eksternal-bakal-pacu-kenaikan-harga-cpo