Ada Potensi Harga CPO Awali Pekan Ini di Zona Positif

Pangkalan Bun – Meski harga minyak sawit mentah (CPO) berjangka di bursa Malaysia akhir pekan lalu melemah akibat dipengaruhi penurunan harga minyak nabati jenis lain, tapi memasuki pekan ini harga komoditas ini diperkirakan mendapatkan beberapa sentimen positif.

Sentimen positif pertama adalah laporan surveyor kargo AmSpec Agri Malaysia yang menyebutkan nilai ekspor minyak sawit Malaysia periode 1-15 Februari meningkat pada kisaran 11,6% – 12,9%.

“Jika permintaan global terus meningkat seiring produksi yang melambat, maka itu akan mampu menyerap kelebihan stok minyak sawit yang tinggi sejak akhir 2018 lalu,” kata seorang pelaku pasar di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Sentimen positif berikutnya adalah kenaikan harga minyak mentah dunia lebih dari 2% pada akhir pekan lalu. Kenaikan ini berpotensi mendongkrak harga CPO, karena CPO menjadi salah satu bahan baku produksi biodiesel.

Untuk diketahui, pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu, harga CPO kontrak April di Bursa Derivatif Malaysia merosot 1,01% ke level RM2.254 per ton (US$552 per ton).

Kondisi itu merupakan pembalikan dari laju harga CPO sehari sebelumnya yang menguat sebesar 1,2%.

Dalam sepekan, harga CPO terkikis sebesar 0,53%, namun demikian sejak awal tahun, harga komoditas ini masih mengalami kenaikan sebesar 6,27%.

 

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/116937-ada-potensi-harga-cpo-awali-pekan-ini-di-zona-positif