Nilai Pasar Minyak Sawit Global Capai US$ 92,84 Miliar Pada 2021

InfoSAWIT, AMERIKA SERIKAT – Merujuk hasil riset  Zion Market Research (ZMR) mencatat, pasar global untuk minyak kelapa sawit yang dibangun dengan memerhatikan pengelolaan lingkungan seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan minyak sawit global, Cargill Inc., Wilmar International Limited, Golden Agri Resources Limited, Sime Darby, PT Astra Agro Lestari Tbk, Godrej Agrovet Limited, London Sumatra, IOI Corp, Grup Musim Mas, Kulim Bhd, ADM, dan Alami Group bakal masih menjadi pemain yang dominan di pasar minyak sawit global.

Tercatat minyak kelapa sawit adalah minyak nabati yang hemat biaya serta penting. Ini adalah minyak nabati yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Lantaran digunakan dalam berbagai produk seperti makanan yang dipanggang, permen, sereal, margarin, kosmetik, dan sabun cuci. Minyak sawit juga digunakan sebagai biofuel generasi pertama. Juga bisa untuk mencegah penyakit otak, kanker, penuaan, kekurangan vitamin A.

Banyak faktor termasuk kondisi keuangan yang berkembang, peningkatan standar hidup, dan perubahan perilaku konsumsi di negara-negara berkembang telah mendorong bertumbuhnya pasar minyak sawit global. Salah satunya kebutuhan minyak nabati sebagai bahan baku dalam produksi biodiesel yang terus meningkat dan mendorong pasar minyak sawit global. Selain itu, kebijakan ketat tentang bahan makanan trans-lemak di Eropa dan AS telah mengakibatkan perubahan cepat dalam pemanfaatan minyak kedelai ke minyak sawit. Pergeseran ini telah membantu mendorong pasar minyak sawit global di wilayah ini.

Ditulis industrynewsalert.com, rendahnya biaya minyak kelapa sawit dibandingkan dengan minyak nabati lainnya telah mendorong pertumbuhan pasar minyak sawit yang sangat pesat. Apalagi, peningkatan penetrasi pasar oleh sebagian besar negara penghasil minyak seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand mungkin mengisyaratkan prospek baru di pasar minyak sawit di periode mendatang.

Berdasarkan aplikasi tersebut, pasar minyak kelapa sawit dibagi dua menjadi minyak nabati, biodiesel, kosmetik, surfaktan, pelumas, dan aplikasi lainnya. Segmen untuk minyak nabati di pasar minyak sawit global diperkirakan akan melihat pertumbuhan yang kuat untuk periode yang diperkirakan karena masalah kesehatan terkait dengan konsumsi trans-lemak.

Dari hasil analisa Zion Market Research, nilai pasar minyak sawit global terus meningkat jika di tahun 2015 lalu baru mencapai US$ 65,73 miliar maka di tahun 2021 diperkirakan akan mencapai di angka US$ 92,84 miliar. Ini berarti terjadi peningkatan sekitar 29%, dengan pertumbuhan peningkatan nilai per tahun sekitar US$ 4 miliar. Dengan demikian prediksi pasar minyak sawit di tahun ini diprediksi membaik. (T2)


Sumber : https://www.infosawit.com/news/8707/nilai-pasar-minyak-sawit-global-capai-us–92-84-miliar-pada-2021