Meski Sempat Melemah, Harga CPO Masih Bisa Bangkit Lagi

Jakarta– Pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (29/1/2019), harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) melemah 1,42% di level MYR 2.294/ton.

Selama sepekaan, harga CPO telah naik sebesar 1,37% secara point-to point. Sedangkan sejak awal tahun 2019, harga komoditas agrikultur andalan Indonesia-Malaysia ini telah terdongkrak 8,16%.

Menurut pelaku pasar, turunnya harga CPO pada hari ini sebagai akibat dari kondisi pasar yang sudah jenuh beli (overbought) karena harganya sudah menyentuh posisi tertinggi dalam enam bulan kemarin.
“Pasar dalam kondisi overbought, jadi turunnya harga bukan sesuatu hal yang mengejutkan,” kata salah seorang pialang di Kuala Lumpur, seperti yang dilansir Reuters.

Namun harga CPO masih berpotensi menguat, mengingat nilai ekspor Malaysia pada periode 1-25 Januari mengalami peningkatan, yang artinya permintaan juga bertambah.

Selain itu memang sudah musimnya produksi CPO akan menurun (Desember-Maret), membuat cadangan yang menumpuk akhir tahun lalu bisa dikurangi.

 

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20190130075504-17-52981/meski-sempat-melemah-harga-cpo-masih-bisa-bangkit-lagi