Jumat, 13 Oktober 2017 - 08:01:35 WIB
Jumat Ini Presiden Resmikan Peremajaan Sawit Rakyat Di Sumsel
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 20 kali

JAKARTA -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut launching perdana program ini akan dilakukan pada Jumat (13/10) di wilayah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Peremajaan kelapa sawit yang biaya pembukaan apa namanya pengembangan tanaman, pembelian bibit dan kemudian penanamannya itu disediakan dananya melalui badan pengelola dana perkebunan (BPDP) Kelapa sawit," kata Darmin di Istana Negara,  belum lama ini kepada awak media.

Darmin mengatakan untuk urusan biaya hidup akan koordinasikan dengan kredit usaha rakyat (KUR), dan ini hal itu tidak termasuk dalam pengembangan kelapa sawit. Dia memperkirakan biaya hidup bagi petani kelapa sawit juga tidak akan banyak.

 

"Kita akan mulai launching hari Jumat ini. Di Musi Banyuasin untuk yang sawit dan Presiden setuju ini akan kita launching 4.446 hektar lahannya perkebunan rakyat yang tanamannya sudah tua," katanya.

 

Sementara dikatakan  Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex,  program peremajaan kebun rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin mendapat dukungan pemerintah pusat. Penanaman perdananya secara simbolis akan dilakukan Presiden Jokowi," katanya.

 

Dia menjelaskan, program peremajaan kebun (replanting) seluas 4.446 hektare akan dilakukan secara simbolis di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin. Upaya peremajaan kebun sawit di kabupaten ini menjadi perhatian pemerintah pusat karena kegiatan tersebut merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia.

 

Lebih lanjut kata Dodi,  dalam kesempatan berkunjung ke Musi Banyuasin, Kepala Negara juga akan menyerahan bantuan secara langsung sebanyak 37 ton bibit jagung kepada petani.

 

Kemudian juga akan menyerahkan sertifikat tanah kepada warga setempat sebagai bukti hak kepemilikan tanah yang sah sehingga nantinya tidak bisa disengketakan oleh pihak manapun, ujar Dodi. (T3)

 

sumber:http://www.infosawit.com/news/7098/jumat-ini-presiden-resmikan-peremajaan-sawit-rakyat-di-sumsel




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren