Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:55:52 WIB
Cegah Kebakaran, Minamas Gandeng Universitas Jambi
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Ekonomi & Bisnis - Dibaca: 65 kali

JAMBI –Kendati merujuk perkiraan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG), iklim tahun 2017 bisa dibilang normal, bukannya potensi kebakaran lahan dan hutan hilang begitu saja.

Sebab itu guna memutus kejadian kebakaran hutan dan lahan sepanjang 20 tahun terakhir salah satu perkebunan kelapa sawit nasional, Minamas Plantation, melakukan upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan dengan melibatkan partisipatif masyarakat desa sekitar areal operasi perusahaan.

 

Program pencegahan kebakaran berbasis masyaraka ini bekerja sama dengan akademisi dengan membentuk “Desa Mandiri Cegah Api”di beberapa wilayah sekitar operasional perusahaan di daerah Jambi.

 

Universitas Jambi (UNJA) sepakat dipilih menjadi partner akademisi dalam program tersebut. Bersama dengan UNJA, salah satu anak usaha Minamas Plantation, PT Bahari Gembira Ria (PT BGR), akan memberdayakan 4 Desa, yaitu Desa Gambut Jaya, Desa Sumber Agung, Desa Parit dan Desa Arang-arang. Desa-desa ini merupakan desa rawan kebakaran hutan dan lahan dari total desa rawan kebakaran yang secara nasional berjumlah 731 desa.

 

Dikatakan Head Plantation Operations Minamas Plantation, Roslin Azmy Hassan, Para peneliti dan ilmuwan dari Universitas Jambi akan berbagi pengetahuan dan keahlian dalam menemukan solusi tuntas penanggulangan bencana asap melalui pendekatan kemasyarakatan.

Mereka akan melakukan kegiatan pendampingan dan hidup di tengah-tengah masyarakat. “Mengidentifikasi daerah rawan kebakaran dan faktor-faktor terjadinya pembakaran lahan setiap tahunnya sehingga diharapkan pada akhir program akan ditemukan pendekatan yang tepat sasaran dan dapat diterapkan sebagai solusi jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan,” katanya kepada InfoSAWIT, selepas penandatangan Kerjasama antara Minamas Plantation  dengan Universitas Jambi Dalam Program “Desa Mandiri Cegah Api”.

Sebelumnya kegiatan “Desa Mandiri Cegah Api” juga telah diterapkan di desa-desa sekitar areal operasi Minamas Plantation yang berlokasi di Riau dan Kalimantan Selatan. Dimana di Riau bekerjasama dengan  Universitas Riau dan Universitas Lambung Mangkurat untuk program yang diterapkan di Kalimantan Selatan. Tercatat sebanyak 15 Desa di Riau dan Kalimantan Selatan telah mencapai Zerro Burning. (T2)

 

 

sumber : http://www.infosawit.com/news/6796/cegah-kebakaran--minamas-gandeng-universitas-jambi




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren