Selasa, 16 Mei 2017 - 10:07:12 WIB
RI Tetap Komitmen Lindungi Gambut
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 151 kali

JAKARTA - Indonesia tidak akan mundur selangkah pun dalam melindungi gambut dan memperbaiki gambut yang rusak. Komitmen itu disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekjen KLHK Bambang Hendroyono dalam pertemuan kedua Global Peatlands Initiative (GPI) di Jakarta, Senin lalu.

"Untuk itu, dibutuhkan ketegasan pemerintah dalam melakukan penegakan hukum," katanya. Indonesia, kata Siti, siap bergandengan dengan mitra nasional dan internasional yang sedang mengupayakan tata kelola gambut yang lebih baik, termasuk dengan masyarakat sipil dan dunia usaha.

Pertemuan mitra GPI dihadiri oleh perwakilan Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Peru, lembaga PBB, lembaga donor, perwakilan perguruan tinggi, dan masyarakat sipil. Pertemuan ini bertujuan memutakhirkan basis data terkait lahan gambut global dan mengompilasi pengalaman pengelolaan lahan gambut berkelanjutan serta strategi restorasi gambut.

"Global Peatlands Initiative membuka peluang besar bagi Badan Restorasi Gambut untuk berbagi pengalaman kepada dan belajar dari negara lain tentang perlindungan dan pemulihan ekosistem gambut secara tepat, efektif, dan efisien," kata Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead dalam kesempatan yang sama seperti dilansir Bisnis.com.

GPI diluncurkan pada Konferensi Perubahan Iklim di Maroko (UNFCCC COP22) tahun lalu yang beranggotakan negara-negara pemilik hutan dan lahan gambut tropis luas, organisasi multilateral, dan organisasi nonpemerintah (NGO). Indonesia merupakan negara pertama yang menjalankan restorasi gambut secara massif dan akan menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 1 gigaton. (T2)

 

Sumber: http://www.infosawit.com/news/6386/ri-tetap-komitmen-lindungi-gambut




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)